Mengenal Meta Tags

Baru-baru ini saya belajar mata kuliah Jurnalistik Online, dalam pembelajaran mata kuliah tersebut setiap mahasiswa diwajibkan mempunyai blog. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan blog secara tepat dan menambah kekuatan SEO blog di search engine, dosen saya mengenalkan apa itu Meta Tags. Selain disebutkan sebelumnya tadi salah satu fungsi dari meta tags tersebut, meta tags juga menjadi alat bagi blog untuk menarik pengunjung dari search engine.


Dalam artikel ini lebih lanjut saya akan membahas mengenai Meta Description Tag, yang disebut-sebut menjadi salah satu meta tags yang sangat penting bagi blog, bahkan kini mungkin menjadi satu-satunya meta tag yang memiliki bobot besar bagi search engine. Meta description berfungsi sebagai pemuat meta informasi yang mendeskripsikan isi halaman blog. Meta deskription ini juga menjadi bagian dari snippet deskripsi di hasil pencarian Google.



Berikut merupakan Cara Mengoptimalkan Meta Description


1. Meta description hendaknya berisi kalimat, bukan sekedar frase atau keyword tanpa bisa dipahami maknanya oleh pengunjung. Meta description adalah yang ditampilkan sebagai snippet deskripsi di bawah judul konten. Gunakan kalimat jelas dan upayakan dapat "merayu" pengunjung untuk melakukan klik. Meta description merupakan alat ampuh untuk meningkatkan traffic blog jika digunakan dengan benar.


2. Memperhatikan keyword yang digunakan sangat penting, namun sebaiknya jangan membanjiri deskripsi dengan keyword saja, karena membingungkan pengunjung dan justru bisa dianggap sebagai spam oleh Google.


3. Jumlah karakter yang ditampilkan di search snippet kini semakin berkurang, dulu karakter deskripsi bisa mencapai 160 karakter. Tapi kini cuma di bawah jumlah itu. Bahkan untuk berjaga-jaga, sebaiknya deskripsi memiliki karakter tidak lebih dari 140 karakter (mengingat kini snippet tanggal juga ditampilkan).

Related Post



Posting Komentar