Citizen Journalism dan Jurnalistik Online di Era Globalisasi

Abad ke-21 ini dirasa-rasa merupakan abad yang dahsyat, dimana orang-orang dari bertahun-tahun sebelumnya menyebut bahwa dunia yang kita tempati ini sedang dalam zaman yang bernama “globalisasi”. Di zaman globalisasi ini, sudah tidak ada lagi batasan antara ruang dan waktu. Teknologi semakin canggih dan berkembang dengan pesat, terlebih dalam hal teknologi informasi dan komunikasi.

Setiap orang dapat berkomunikasi kapanpun dan dimanapun tanpa mengenal jarak ataupun waktu. Perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi tersebut telah membawa banyak dampak, baik dampak positif maupun negatif. Dan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi itulah, salah satunya muncul sebuah istilah yang saat ini dinamakan “Citizin Journalism”.

Bagi beberapa kalangan, mungkin istilah tersebut sudah tidak asing didengar. Di Indonesia sendiri, Citizen Journalism berkembang pesat pada abad ke-21, tepatnya pada tahun 2004. Didalam Citizen Journalism, orang awam atau orang biasa bisa mempraktikkan langsung praktik jurnalistik. Artinya orang yang tidak berprofesi sebagai wartawan, bisa melakukan kegiatan jurnalistik.

Seperti disebutkan sebelumnya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat lah yang menjadi  salah satu faktor muncul dan berlangsungnya Citizen Journalism tersebut. Termasuk juga salah satunya mempengaruhi perkembangan Jurnalistik Online.  Ada kaitan yang erat antara kegiatan  Jurnalistik Online dengan Citizen Journalism. Walau beberapa pakar menyebutkan bahwa internet masih belum dikatakan sebagai media massa, alasannya karena internet hanya bisa di akses oleh beberapa kalangan saja. Namun ada pula beberapa pakar yang menyebut bahwa internet sudah menjadi bagian dari media massa.

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah banyak berjasa menjadi media komunikasi dan penyebaran informasi yang cepat dan tidak terbatas. Informasi  yang dibutuhkan bisa dengan lebih mudah diakses oleh khalayak. Hal itu pula yang menjadi faktor kegiatan Jurnalistik berkembang pada dunia online. Baik wartawan ataupun jurnalis warga bisa dengan mudah menyebarkan informasi yang didapat melalui internet. Sekarang juga sudah banyak portal-portal berita yang kapan saja dapat diakses. Para wartawan online bisa menuliskan berita di HP ataupun smartphone dan langsung mengirim berita yang didapat kepada redaktur dan berita tersebut bisa langsung di posting dalam hitungan detik.

Dengan kelebihan teknologi komunikasi dan informasi itu lah akhirnya kegiatan Citizen Journalism dan Jurnalistik Online bisa berkembang, populer, dan bertahan di era globalisasi ini.

Related Post



Posting Komentar